DWIMATRA
Apa itu Nirmana?
Nirmana adalah sesuatu yang
Kosong, tidak ada apa-apa belum ada makna dari segala sesuatu Jernih, abstrak
Tetapi merupakan
dasar dari SEBUAH DESAIN
Dasar dari seorang Desainer dalam membuat sebuah karya sehingga karya tersebut dapat
memiliki sebuah makna.
Apa yang
dipelajari di dalam Nirmana
Elemen desain :
titik, garis,
bidang, area/ruang, warna,
tekstur
Variabel Penyusun Unsur
Visual:
kedudukan, arah, ukuran, jarak, bentuk, jumlah
Komposisi:
unity, balance,
ritme, focus, contrast, proportion
Bagaimana menyampaikan ‘sesuatu’ dengan
menggunakan elemen dasar yang ada
Apa Manfaat mempelajari Nirmana
- Merupakan dasar dalam menyusun/menciptakan sebuah karya desain
- Untuk merasakan apakah sebuah benda/obyek sederhana dapat berpengaruh terhadap obyek yang lebih besar
- Lebih jeli dalam menempatkan sebuah obyek dalam sebuah karya desain sekecil apapun obyek yang akan diterapkan
Bagaimana mempelajari Nirmana
- banyak melihat
- banyak membaca
- perbesar rasa ingin tahu
- banyak berlatih dan bereksplorasi
- banyak mencoba dan bermain
- jangan takut salah
sadar bahwa sebuah
kegagalan adalah kesuksesan yang tertunda
Gambaran karya di dalam Nirmana Dwimatra
Pertugasan
Siapkan :
- Kertas ukuran A4 : 5 lbr
- Kertas ukuran A3 : 5 lbr
Alat tulis :
- Pensil dengan 3 ketebalan
- Ball point dengan 2 ketebalan
- Spidol kecil
- Spidol besar
Dengan detail
sebagai berikut
- Siapkan 3 lembar kertas A3
- Buat garis tepi mengelilingi kertas A3 dengan jarak 2 cm
- Bagi kertas A3 menjadi 3 bagian dengan pembagian sebagai berikut
Kertas
1 :
Garis Horisontal
- Perhatikan arah garis
- Perhatikan alat yang diminta dan jenis garis nya
- Garis tepi dengan pensil
- Garis lurus dengan pensil
- Garis lurus putus-putus dengan ballpoint
- Garis lurus dengan spidol
- Garis lurus dengan ballpoint
Jarak maksimal 0,8 cm Pembuatan selain garis tepi dilarang menggunakan
Tidak ada komentar:
Posting Komentar